Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan - Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat VCO mulai dengan pemanasan, peragian, pancingan dan dengan pengadukan atau proses pemutaran dengan kecepatan tertentu.



Nah, berikut ini proses pembuatan VCO tanpa pemanasan, tetapi dengan mixer atau mesin pengaduk, langkah-langkahnya yaitu :


  1. Mempersiapkan berbagai peralatan yang nantinya digunakan. Mulai dari sendok yang lengkung, tissue putih tanpa parfume, corong, saringan, selang kecil dengan panjang sekitar 0,5 meter, kain putih seperti yang digunakan untuk menyaring tahu, toples atau wadah transparan yang mampu menampung setidaknya hingga 4,5 liter. Dan tentu saja mesin pengaduk atau mixer.
  2. Menyiapkan bahan utama yaitu buah kelapa yang sudah tua. Kelapa tua memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk membuat minyak. Buah kelapa setidaknya 5 butir dan semuanya diparut. Parutan kelapa jangan sampai didiamkan lebih dari satu jam. Sehingga begitu semua sudah selesai diparut segera saja diperas untuk diambil santannya. Hal ini agar tidak berbau tengik.
  3. Peras parutan kelapat tersebut hingga memperoleh santan kental yang disebut dengan kanil. Pemerasan bisa menggunakan saringan yang halus sehingga diperoleh santan yang bersih. Lebih cepat lagi jika menggunakan kain.
  4. Jika proses pemerasan santan sudah selesai, diamkan setidaknya selama 30 menit sehingga lebih mudah untuk memisahkan kanil dan endapan.
  5. Kanil kemudian dimasukkan dalam mesin pengaduk atau mixer setidaknya 8 jam. Nantinya akan diperoleh kembali endapan. Endapan bisa dipisahkan dari kanil menggunakan selang kecil.
  6. Kanil kembali didiamkan setidaknya hingga 8 jam sehingga akan terpisah antara VCO, blondo atau endapan bagian tengah dan endapan bagian bawah. Itulah mengapa perlu menggunakan wadah yang transparan agar lebih mudah dalam proses pemisahan.
  7. Proses pemisahan blondo dengan VCO bisa menggunakan saringan teh yang dilapisi dengan tissue. Gunakan sendok lengkung untuk mengambil lapisan VCO paling atas. Perlu kesabaran untuk memperoleh tetesan VCO tersebut.

(Jual VCO Murni)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »